Minggu, 26 September 2010

Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)



Teknologi informasi merupakan bidang yang menangani pengolahan data menjadi suatu informasi yang siap dimanfaatkan. Seperti Informasi Umum (Public Information) dan Informasi Lokal (Local Information). Informasi umum yakni seperti penggunaan internet. Informasi lokal yakni seperti jaringan local dalam sebuah instansi yang berfungsi untuk menyimpan dan mengirim informasi yang sifatnya rahasia dan diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Beberapa keuntungan yang dapat kita peroleh dengan menggunakan Teknologi Informasi adalah khususnya internet adalah:
1. Hemat Penyimpanan
Tidak semua dokumen harus disimpan dalam bentuk kertas, namun kita dapat menyimpan dokumen tersebut secara elektronis yakni dengan menyimpannya kedalam hardisk komputer. Semua informasi dapat kita dapatkan melalui internet, dan informasi tersebut tidak semuanya harus kita simpan kedalam kertas atau hardisk komputer akan tetapi informasi-informasi tersebut bisa disimpan oleh orang lain dan sewaktu-waktu dapat dipublikasikan melaui IT.
2. Informasi yang lebih cepat
Dengan internet kita bisa mengirim dan menerima berbagai dokumen baik berupa video, musik, surat elektonik (E-mail), membaca berita dan menonton siaran televisi dalam waktu yang singkat.
3. Komunikasi yang lebih mudah
Dengan adanya perkembangan teknologi internet, seperti E-mail, Facebook, Yahoo messenger, dan lain sebagainya memudahkan orang mengirim dan menerima informasi dalam waktu yang singkat walaupun dalam kapasitas yang cukup bersar.
Pengaruh IT dalam kehidupan manusia sangat bervarisi tergantung bagaimana manusia menggunakan dan memanfaatkan IT itu sendiri. Pengaruh tersebut dapat berupa ketergantungan yang lebih besar terhadap informasi, orang akan lebih mudah melakukan pekerjaanya, kterbukaan informasi tidak hanya menimbulkan dampak positif, dengan adanya informasi seperti saat ini orang dengan mudah menyebarkan dan mengakses informasi apapun termasuk yang negatif. Hal ini dapat dicegah, namun bukan berarti dapat kita atasi. Oleh karena itu kita dituntut untuk lebih bijak dalam mengakses informasi.
A. Internet
Secara harfiah internet adalah kependekan dari interconnected-networking yakni rangkaian komputer yang terhubung dalam beberapa rangkain dan atau/ internet adalah sekumpulan komputer atau server yang saling terhubung satu sama lain melalui berbagai macam media. Komputer tersebut letaknya tersebar di seluruh dunia sehingga memungkinkan terbentuknya suatu jaringan informasi global. Sekumpulan komputer di suatu tempat memiliki jenis dan karakteristik yang tidak sama dengan tempat-tempat lain, namun semuanya dihubungkan oleh suatu protokol standar yang sama yang disebut TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP ini dapat diumpamakan sebagai bahasa yang dimengerti oleh semua jenis komputer yang terhubung ke internet. Tanpa mengikuti protokol srtandar ini, komputer kita tidak akan mampun berkomunikasi dengan komputer-komputer lain di internet.

Masing-masing komputer di internet memiliki kandungan informasi yang begitu beragam, mulai dari hal-hal sepele sampai dengan hal-hal yang serius. Hal ini memungkinkan terjadinya sharing di internet.
Komunikasi internet memungkinkan terjadinya komunikasi yang super cepat antara satu pihak dengan pihak lainnya, tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Hal ini dimungkinkan karena jaringan internet yang telah mengglobal.

Internet sering didefinisikan sebagai a network of networks karena jaringan lebih kecil yang dimiliki organisasi atau perorangan bergabung menjadi satu sehingga membentuk suatu jaringan raksasa.

Internet telah membawa revolusi besar pada dunia komunikasi dan komputer. Internet dengan berbagai kapabilitas dan aneka layanan yang disuguhkannya segera menjangkau seluruh pelosok dunia dalam waktu relatif singkat, suatu mekanisme penghamburan informasi, media kolaborasi dan interaksi diantara individu dan komputer tanba terbatas oleh lokasi geografis dan waktu.



Internet berawal dari sebuah pemikiran kreatif dan inovatif Advanced
Research Project Agency (ARPA) yang menciptakan ARPANET pada penghubung tahun 60-an , sebuah agensi Departement of Deence (DoD) AS yang mensponsori pengembangan suit protocol TCP/IP. ARPA selanjutnya berganti menjadi DARPA atau Defence Advanced Research Project Agency. Sekitar tahun 173, DARPA bekerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan dan institusi riset untuk menginvestigasi teknik dan teknologi yang mampu menyatukan paket-paket jaringan dalam beragam bentuk. Sasaran utamanya adalam mengembangkan protokol komunikasi yang memungkinkan komputer-komputer dapat berkomunikasi secara transparan melintasi multi paket jaringan yang terhubung, ini dikenal dengan “the internetting project” dan “system of network”, yang kemudian melahirkat “internet”.

A. Hardware Untuk Mengakses Internet
Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, maka semakin cepat pula kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya. Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagai berikut:
1. Processor, merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal Pentium III 500Mhz.
2. RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 64MB.
3. Harddisk minimal 10GB.
4. VGA Card, merupakan perangkat keras untuk menampilkan gambar pada layar monitor. VGA Card minimal 4MB.

Modem
Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telepon. Bertugas untuk menukar data dari bentuk digital ke analog dan sebaliknya. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa dan siap untuk dikirimkan. Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem dapat dibedakan menjadi:
a. Modem dial up
Modem ini bisa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telepon. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu:
1) Modem internal
Merupakan modem yang dipasang langsung di dalam komputer.
2) Modem eksternal
Merupakan modem yang letaknya di luar CPU komputer. Modem eksternal
dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB.
b. Modem Kabel
Modem kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel.
c. Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscruber Line)
Ide utama teknologi ADSL adalah untuk memecah sinyal line telepon menjadi dua bagian untuk suara dan data.
Saluran Telepon
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunaan modem dial up.
Ethernet Card
Ethernet card atau NIC diperlukan jika akses internet itu dilakukan lewat jaringan komputer, yang disharing dari komputer server. Ethernet itulah yang berperan sebagai antar-muka pertukaran informasi dan komunikasi data antar
PC, termasuk koneksi internet. Ethernet beroperasi dalam modus half-duplex yakni setiap stasiun dapat menerima atau mengirim data tapi tidak dapat digunakan sekaligus.

Dalam jaringan yang menggunakan teknologi ethernet , setiap komputer akan mendengat terlebih dahulu sebelum berbicara, artinya mereka melihat kondisi jaringan apakah tidak ada komputer lain yang sedang mentransmisikan data. Jika tidak ada komputer yang sedang mentransmisikan data, maka setiap komputer yang mau mengirimkan data dapat mencoba untuk mengambil alih jaringan untuk mentransimisikan sinyal.
Hub/Switch
Hub merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menggabungkan beberapa komputer. Hub menjadi saluran koneksi sentral untuk semua komputer dalam jaringan. Hub adalah jalur yang digunakan untuk pertukaran data, informasi, termasuk koneksi internet antar PC. Hub dapat membentuk sinyal digital yang akan dikirim untuk memelihara data sepanjang jalur yang dilaluinya.
Router
Perangkat ini berfungsi sebagai penghubung dua atau lebih jaringan ataupun internet guna meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Dengan kata lain Hub/Switch adalah jalan, dan Router adalah penghubung antar jalan.

Ketika data akan dikirim oleh suaru LAN (Local Area Networking), router akan menjalankan berberapa proses penting diantaranya adalah membuat terjemahan protocol data, membuat jadwal untuk mengirim data ke tujuan, mengirim data, menyaring data, dan meletakkan data di tempat tujuan.
Webcam
Sebutan bagi kamera real-time (artinya keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui world wide web.Banyak manfaat menggunakan webcam yaitu diantaranya kita dapat langsung bertatap muka dengan lawan bicara kita di komputer yang berbeda, dan kita juga bisa mengetahui aktivitas lawan bicara kita itu di komputer pada saat itu juga.
Headset
Merupakan gabungan dari headphone dan mikrofon. Digunakan untuk berkomunikasi melalui perangkat komunikasi atau kompuer. Headset untuk mengakses internet digunakan untuk chatting. Penggunanya yang terkoneksi ke internet dapat melakukan pembicaraan dengan deadset mikrofon dan speaker ke pengguna lainnya yang tergabung dalam jaringan tersebut.


Komunikasi internet memungkinkan terjadinya komunikasi yang super cepat antara pihak yang satu dengan yang lainnya. Internet merupakan sumber informasi yang melimpah yang terus berkembang seiring dengan makin berkembangnya internet itu sendiri. Internet merupakan media yang sangat membantu suatu kolaborasi yang biasanya terhambat ruang dan waktu. Melalui internet kita dapat melakukan suatu konferensi dengan berbagai pihak dimanapun mereka berada. Bahkan kita dapat mengerjakan suatu pekerjaan secara bersamaan melalui internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Advertising