Jumat, 28 Oktober 2011

OKSIGEN

Sejarah
Selama beberapa abad, para ahli kadang-kadang menyadari bahwa udara terdiri lebih dari satu komponen. Sifat oksigen dan nitrogen sebagai komponen udara mengarah pada pengembangan teori flogiston pada proses pembakaran, yang sering terpikir oleh para ahli kimia selama satu abad. Oksigen telah dibuat oleh beberapa ahli, termasuk Bayen dan Borch, tetapi mereka tidak tahu cara mengumpulkannya. Mereka juga tidak mempelajari sifat-sifatnya dan tidak mengenali  oksigen sebagai unsur dasar.
Seorang ahli bernama Priestley dipuji karena penemuannya, meski Scheele juga menemukan oksigen secara bebas.
Dulu, bobot atom oksigen  digunakan sebagai standar pembanding untuk unsur yang lain, hingga pada tahun 1961, ketika IUPAC (International Union of Pure and Applied Chemistry) menggunakan atom karbon 12 sebagai standar pembanding yang baru.

Sumber
Oksigen adalah unsur ketiga terbanyak yang ditemukan berlimpah di matahari, dan memainkan peranan dalam siklus karbon-nitrogen, yahkni proses yang diduga menjadi sumber energi di matahari dan bintang-bintang. Oksigen dalam kondisi tereksitasi memberikan warna merah terang dan kuning-hijau pada Aurora Borealis.
Oksigen merupakan unsur gas, menyusun 21% volume atmosfer dan diperoleh dengan pencairan dan penyulingan bertingkat. Atmosfer Mars mengandung oksigen sekitar 0.15%. dalam bentuk unsur dan senyawa, oksigen mencapai kandungan 49.2% berat pada lapisan kerak bumi. Sekitar dua pertiga tubuh manusia dan sembilan persepuluh air adalah oksigen.
Di laboratorium, oksigen bisa dibuat dengan elektrolisis air atau dengan memanaskan KClO3 dengan MnO2 sebagai katalis.

Sifat-sifat
Oksigen tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna. Dalam bentuk cair dan padat, oksigen berwarna biru pucat dan merupakan paramagnetik yang kuat.

Bentuk lain
Ozon (O3). Merupakan senyawa yang sangat aktif, dihasilkan dari pelepasan muatan elektris (kilat) atau penyinaran sinar Ultraviolet  terhadap oksigen.
Keberadaan ozon di atmosfer (dengan jumlah yang sebanding dengan ketebalan lapisan 3 mm dengan kondisi tekanan dan suhu yang luar biasa) mencegah sinar Ultraviolet yang berbahaya dari matahari sebelum mencapai permukaan. Pencemaran udara di atmosfer dapat merusak lapisan ozon ini. Ozon bersifat racun dan tidak boleh terpapar dengan ozon melebihi kadar 0.2 mg/m# (8 jam kerja rata-rata-40 jam per minggu). Ozon yang masih pekat memiliki warna hitam kebiru-biruan dan ozon padat berwarna hitam ungu.

Senyawa
Oksigen, yang sangat reaktif, adalah komponen ratusan ribu senyawa organik dan dapat bergabung dengan kebanyakan unsur.

Kegunaan
Tanaman dan hewan sangat tergantung pada oksigen untuk bernafas. Rumah sakit sering menulis resep oksigen untuk pasien dengan penyakit pernafasan ringan.

Isotop
Oksigen memiliki 9 isotop. Oksigen alami adalah campuran dari 3 isotop
Oksigen berbobot aatom 18 yang terdapat di alam bersifat stabil dan tersedia untuk keperluan komersial, seperti dalam air (H2O dengan  kandungan isotop 18 sebanyak 15%). Konsumsi oksigen komersial di Amerika Serikat diperkirakan mencapai 20 juta ton  per tahun dan diperkirakan akan terus meningkat.
Penggunaan oksigen pada tungku peleburan baja merupakan penggunaan tertinggi. Jumlah yang banyak juga diperlukan pada proses pembuatan gas ammonia, metanol, etilen oksida dan pengelasan oksi-asetilen.
Pemisahan udara (destilasi) menghasilkan gas dengan kemurnian 99%, sedangkan elektrolisis hanya 1%

Oksigen adalah unsur dengan nomor atom 8 dan diwakili oleh simbol nama O. nya berasal dari akar Yunani ὀξύς (oxys) (asam, harfiah "tajam", merujuk pada rasa asam asam) dan-γενής (-gen) ( produser, harfiah begetter), karena pada saat penamaan, itu keliru berpikir bahwa semua asam diperlukan oksigen dalam komposisi mereka.

Oksigen adalah anggota kelompok chalcogen pada tabel periodik, dan merupakan masa yang sangat reaktif 2 elemen non logam yang siap membentuk senyawa (terutama oksida) dengan hampir semua unsur lainnya. Pada suhu dan tekanan standar, dua atom dari mengikat unsur untuk membentuk dioksigen, tidak berwarna, tidak berbau, gas diatomik hambar dengan formula O2. Dengan massa, oksigen adalah unsur ketiga yang paling melimpah di alam semesta setelah hidrogen dan helium [1] dan faktor yang paling berlimpah oleh massa di kerak bumi [2] gas oksigen diatomik merupakan 20,8% dari volume udara.. [3]

Semua kelas utama molekul struktural dalam organisme hidup, seperti protein, karbohidrat, dan lemak, mengandung oksigen, seperti halnya senyawa anorganik utama yang terdiri dari cangkang binatang, gigi, dan tulang. Oksigen dalam bentuk O2 dihasilkan dari air oleh cyanobacteria, ganggang dan tanaman selama fotosintesis dan digunakan dalam respirasi selular untuk semua kehidupan yang kompleks. Oksigen adalah racun bagi obligately organisme anaerobik. Anaerob adalah bentuk dominan dari awal kehidupan di Bumi sampai O2 mulai menumpuk di atmosfer sekitar 2,5 milyar tahun yang lalu. [4] Bentuk lain (alotrop) oksigen, ozon (O3), membantu melindungi biosfer dari radiasi ultraviolet dengan tinggi -ketinggian lapisan ozon, tetapi merupakan polutan di dekat permukaan di mana ia merupakan produk sampingan dari kabut asap. Pada orbit bumi rendah bahkan lebih tinggi ketinggian oksigen atom adalah sebuah kehadiran yang signifikan dan penyebab terjadinya erosi untuk pesawat ruang angkasa. [5]

Oksigen secara independen ditemukan oleh Carl Wilhelm Scheele, di Uppsala, pada tahun 1773 atau sebelumnya, dan Joseph Priestley di Wiltshire, pada tahun 1774, tetapi Priestley sering diberikan prioritas karena publikasi nya keluar di cetak pertama. Nama oksigen yang diciptakan pada tahun 1777 oleh Antoine Lavoisier, [6] yang eksperimen dengan oksigen membantu untuk mendiskreditkan teori phlogiston kemudian-populer pembakaran dan korosi. Oksigen dihasilkan industri oleh distilasi fraksional dari udara cair, penggunaan zeolit untuk menghilangkan karbon dioksida dan nitrogen dari udara, elektrolisis air dan sarana lainnya. Penggunaan oksigen termasuk produksi baja, plastik dan tekstil, propelan roket, terapi oksigen, dan mendukung kehidupan di pesawat terbang, kapal selam, spaceflight dan menyelam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Advertising